Jadikan Rumah Anda Sejuk Tanpa AC

Jadikan Rumah Anda Sejuk Tanpa AC

Rumah sejuk dan nyaman merupakan dambaan setiap orang. Rumah yang sejuk dapat membuat suasana menyenangkan dan orang jadi betah berlama-lama dirumah, tapi sekarang ini suhu bumi terus meningkat akibat pemanasan global, udara sangat panas dan menyengat. Banyak orang menggunakan AC (Air Conditioner) untuk menejukkan udara ruangan rumahnya, padahal penggunaan AC yang berlebihan juga tidak baik, karena AC juga merupakan yang menjadi salah satu dari penyebab yang  cukup memperparah kondisi dari lapisan ozon yang akhirnya berujung pada pemanasan global.
Untuk membuat rumah sejuk sebenarnya tidak sulit, berikut beberapa langkah yang dapat membuat rumah anda menjadi sejuk dan menyenangkan tanpa menggunakan AC.Membuat TamanWalaupun lahan yang tersedia sangat sempit, manfaatkanlah lahan tersebut untuk taman. Taman berfungsi sebagai penghalau udara panas yang masuk ke dalam rumah dan akan meyerap unsur karbon dari udara panas yang timbul oleh aktivitas di area dapur.Meninggikan Plafon rumahPlafon berfungsi untuk menahan panas dari luar yang diterima oleh atap rumah agar panas tersebut tidak masuk ke dalam ruang dibawahnya secara langsung. Meninggikan plafon rumah dapat mejadi salah satu cara membuat rumah menjadi sejuk. Tinggi plafon rumah yang ideal adala antara 3 – 4 m dari lantai. Dengan plafon rumah yang tinggi, udara panas yang masuk kedalam rumah dapat di minimalisir.Penggunaan material alami pada rumahPada Carport atau teras jangan menggunakan material yang memantulkan terik dari panas matahari ke muka bangunan rumah anda, anda bisa menggunakan alami seperti batu alam dan sejenisnya yang mampu menyerap panas sinar matahari dengan baik. Keuntungan lainnya dalam jika menggunakan material dari alam adalah membuat daya serap air pada tanah yang lebih tinggi, dan juga membuat halaman jadi tampak lebih asri.
rumah sejuk alami, rumah minimalis modern
Buat Ventilasi dengan Ukuran yang cukup
Bukaan pada setiap ruangan harus dibuat sebaik mungkin agar pertukaran udara di dalam rumah menjadi lancar. Karena itu, pada saat proses membangun, perhatikan bukaan rumah, seperti jendela, pintu, dan lubang angin. Untuk ruangan yang tidak memungkinkan dipasang jendela atau ventilasi bisa menggunakan ventilasi plafon atau Exhaust Fan agar sirkulasi udara pada ruang tersebut tetap lancar. Langkah yang dipaparkan di atas merupakan solusi yang terkait dengan desain bangunan, karenanya perencanaan desain dan penataan ruang perlu memperhatikan sirkulasi udara di dalamnya, semoga artikel jadikan rumah anda sejuk tanpa AC bermanfaat.
LihatTutupKomentar