Tips Memilih Lantai yang Tepat untuk Rumah Anda

Tips Memilih Lantai yang Tepat untuk Rumah Anda

Lantai merupakan salah satu unsur rumah yang penting untuk diperhatikan. Dengan banyaknya pilihan jenis, warna, model serta motif, membuat lantai menjadi salah satu unsur yang mempercantik rumah Anda. Untuk itu Anda harus cermat dan tepat dalam memilih jenis dan model lantai yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Menentukan lantai yang pas untuk rumah juga bisa membuat suasana bersih di lingkungan rumah. Karena itulah, pemilihan lantai tidak hanya dilihat dari sisi penataan interior, tetapi juga penggunaannya untuk memberikan kesan kehangatan dan keindahan setiap ruangan pada hunian Anda, baik di ruang tamu, dapur, bahkan kamar mandi.
Berikut ini ada beberapa jenis lantai yang mungkin akan sesuai untuk hunian Anda yang nyaman dan indah :
1. Lantai Kayu
Sudah kita ketahui bahwa kayu merupakan bahan bangunan yang umum digunakan sejak dulu. Selain menonjolkan unsur estetika, kayu juga memberikan kesan kehangatan, baik indoor maupun outdoor di hunian Anda. Jenis kayu pun bermacam-macam, seperti Flofing, Parket dan Mozaic. Jenis kayu Parket dan Mozaic kerap digunakan untuk ruangan dalam (indoor), sedangkan untuk outdoor Anda bisa memilih jenis kayu Flofing.
2. Lantai marmer dan Granit
Umumnya, lantai marmer banyak digunakan di dalam ruangan karena sifatnya yang dingin dan kuat, serta menyejukkan suhu di dalam ruangan. Beragam motif dan corak membuat lantai marmer dan granit banyak diminati ruangan tamu dan kamar mandi.
3. Lantai Keramik
Biasanya lantai keramik ini banyak digunakan di ruang tamu dan dapur. Lantai keramik ini memiliki motif, warna dan ukuran yang beragam. Banyak orang memilih lantai keramik ini karena cocok bukan hanya untuk lantai, tetapi juga dinding. Untuk memberikan kesan natural, Anda bisa memilih lantai keramik warna putih untuk memberikan kesan hangat.
4. Lantai Vinyl
Lantai ini sangat praktis untuk mengubah tampilan ruangan. Di bagian bawahnya terdapat lem yang mudah direkatkan pada lapisan plesteran atau lantai keramik. Kalau sudah bosan, Anda tinggal melepasnya dan mengganti dengan motif lain. Pemasangannya juga sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri. Perawatannya pun tidak sulit karena hampir sama dengan lantai keramik. Material ini sangat kuat, tahan api dan air sehingga banyak juga digunakan di bangunan-bangunan publik.
5. Lantai Karpet
Lantai karpet cocok untuk daerah subtropis yang biasanya digunakan untuk pemanis ruangan dengan bentuk kotak persegi dan lingkaran. Karena kelembutannya, jenis lantai ini banyak digunakan di kamar tidur dan tempat bermain anak-anak. Hanya saja, perawatannya cukup mengambil ekstra tenaga karena harus menggunakan penyedot debu.
LihatTutupKomentar