Tips Memperbaiki Lantai Retak

Tips Memperbaiki Lantai Retak

 Setelah sebelumnya membahas tentang cara memperbaiki dinding yang catnya terkelupas, kini kita akan membahas tips memperbaiki lantai yang retak atau pecah.Pada umumnya lantai yang pecah, terutama lantai yang terbuat dari keramik, disebabkan oleh pemasangan lantai yang kurang baik. Akibatnya lantai menjadi mudah menggelembung dan pecah. Sedangkan penyebab lainnya adalah kualitas dari bahan dasar yang kurang bagus.Memperbaiki Lantai Keramik yang RetakUntuk memperbaiki lantai keramik yang rusak cukup sederhana. Bersihkan dasar lantai dari keramik yang pecah terlebih dahulu. Lantai dasar perlu dibersihkan dari debu yang menempel agar proses pemasangan berikutnya dapat berlangsung dengan baik. Selanjutnya Anda dapat melapisi lantai dengan menggunakan perekat keramik instan. Usahakan melapisi lantai tanpa meninggalkan udara yang dapat terjebak di lantai. Udara ini dapat membuat lantai menjadi menggelembung dan pecah.Proses pemasangan keramik dapat dilakukan setelah lantai dasar bersih. Jangan lupa untuk merendam keramik terlebih dahulu di dalam air untuk mengisi pori-pori keramik dengan air sehingga meningkatkan daya rekat keramik.

Penyebab Lantai Beton Yang Retak

Lantai jenis ini memang memiliki kekuatan yang lebih dibangdingkan lantai bahan lainnya. Namun bukan berarti lantai beton tidak akan mengalami kerusakan karena selalu ada tips memperbaikan rumah dari para ahli. Ada saja lantai beton yang rusak. Kerusakan ini pun disebabkan banyak factor. Berikut adalah faktor yang menyebabkan lantai beton rusak,

1. Kondisi tanah

Kondisi tanah suatu daerah sangat mempengaruhi kondisi bangunnya. Ada beberapa daerah yang memang kontur tanahnya mudah retak. Tanah yang seperti ini bisa menyebabkan dinding, lantai bagunan retak. Hal ini tidak bisa dihindarkan, bahkan jika menggunakan lantai beton sekalipun.

2. Beban terlalu berat

Pada bangunan-bangunan besar dan bertingkat beban yang ada di dalam dan harus ditopang oleh lantai sangatlah berat. Jika beban yang ada tidak sebanding dengan kekuatan lantai beton maka bisa menyebabkan kerusakan pada lantai beton tersebut.

3. Kualitas bahan

Pemilihan bahan untuk lantai juga menjadi kunci bagaimana kualitas lantai beton tersebut. Semakin bagus kualitas bahan yang digunakan maka akan semakin bagus pula kualitas lantai.

4. Umur lantai

Seperti halnya manusia, semakin tua maka kekuatannya semakin menurun. Hal itu juga berlaku pada lantai beton. Lantai beton yang berusia tua kekuatannya akan berkurang dan bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pengecekan berkala pada kondisi lantai agar tidak membahayakan orang yang ada dalam bangunan.

Tips Perbaikan Lantai Beton Yang Retak

Cara memperbaiki lantai beton yang rusak bisa dilakukan dengan berbagai macam, bergantung bagaimana kerusakan lantainya.
  • Menambal lantai beton . Penambalan ini dilakukan jika kerusakan dan retak pada lantai beton tidak terlalu lebar dan tidak terlalu parah. Sebaiknya penambalan ini diakukan secepatnya agar tidak memperlebar retakan pada lantai.
  • Jika lantai beton rusak lumayan parah maka sebaiknya ditambahkan kolom atau tiang di sekitar retakan. Tiang ini bisa berfungsi sebagai penyangga dan kekuatan tambahan pada lantai.
  • Cara lainnya ialah dengan menyuntikkan epoxy pada lantai beton yang retak. Epoxy adalah bahan khusus untuk menambal beton yang memiliki sifat mengikat dan mudah kering.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Anda pun dapat berbagi artikel ini dengan teman Anda melalui logo social media dan social bookmark di bawah ini. Selamat berbagi.
Diposting Sapto Bagus Tips Memperbaiki Lantai Retak Setelah sebelumnya membahas tentang cara memperbaiki dinding yang catnya terkelupas, kini kita akan membahas tips memperbaiki lantai yang retak atau pecah.
LihatTutupKomentar