Tips Mendesain Ruang Sempit Agar Terlihat Luas

Tips Mendesain Ruang Sempit Agar Terlihat Luas

Mendesain ruangan agar memiliki kesan luas bisa dilakukan dengan cara sederhana. Anda bisa melakukannya melalui permainan ilusi, seperti warna, pencahayaan, dan pemilihan furnitur yang tepat. Banyak hal yang harus diperhatikan untuk mendesain sebuah ruangan.Salah satu yang sering menjadi tantangan adalah luas sebuah ruangan. Keterbatasan ruangan seakan menjadi tantangan tersendiri. Namun, Anda tak perlu khawatir dan patah hati. Salah satunya dengan membuat permainan "ilusi" yang bisa diciptakan dengan peng-gunaan warna, cermin, pencahayaan, dan furnitur dua fungsi. Pencahayaan dan sapuan warna netral di dinding dan juga bagian plafon adalah cara yang paling efisien dan juga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Dengan cara yang sederhana, kita juga sudah bisa mengubah kesan ruangan menjadi lebih luas.

"Menggunakan warna yang lebih terang pada plafon membuat ruangan terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Tema warna monokrom bisa memberikan harmonisasi yang bisa membuat ruangan tampil menarik," ucap desain interior Susan Octari Yawhan.

Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan berbagai material dan penentuan tahap penyelesaiannya untuk menentukan gaya yang paling Anda sukai. "Untuk pemilihan warna, jangan selalu berpatok pada warna netral saja, seperti putih dan beigekarena lambat laun bisa menimbulkan kebosanan," tutur Susan. Ada beberapa teori dasar tentang warna yang disampaikan Susan. Salah satunya bahwa warna-warna dingin akan menjadi kalah ketika dipadukan dengan warna hangat.

Warna-warna ini nantinya menciptakan sebuah sensasi visual dan mempunyai efek yang menenangkan. Masalah yang harus dihadapi saat ingin memilih warna adalah selalu berkaitan dengan rasa. Jangan paksakan diri Anda untuk memilih warna gelap jika memang tidak suka, mungkin warna ini bisa untuk melengkapi sisi dinding di bagian lain, seperti dapur atau ruangan yang jarang Anda gunakan. Anda bisa mengaplikasikan cat di satu sisi dinding dengan menggunakan warna yang lebih gelap.

Dengan begitu, bayangan yang dramatis akan terpancar dan di sisi lainnya bisa dengan memberikan warna yang lebih cerah. Lewat cara ini, Anda bisa menghadirkan sebuah permainan corak yang bagus pada ruangan dan juga ilusi visual di sisi ruangan.

"Saat ingin memilih cat, lebih baik pertimbangkan jenisnya. Sebaiknya gunakan cat yang lebih glossy agar ruangan lebih terlihat cerah karena pantulan sinar matahari," sebut Susan. Jika berbicara mengenai pencahayaan, maka ini adalah hal yang paling utama dalam memberikan ilusi di ruangan agar terlihat lebih luas.

Menyediakan banyak bukaan di dalam rumah, tidak hanya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga, juga memberikan kesan luas di dalam ruangan. Bukan hanya warna, pemilihan aksesori juga harus diperhitungkan.

Misalkan saja ketika Anda memilih jenis kain gorden, lebih baik pilih kain gorden yang tidak terlalu tebal agar sinar matahari bisa lebih leluasa untuk menyinari setiap ruangan Anda. Tak diragukan lagi, penggunaan cermin dalam interior akan memberikan kesan luas dan tenang.

"Penempatan cermin besar di salah satu sudut juga bisa membantu memantulkan pencahayaan alami ke dalam ruangan. Lebih baik cermin diletakkan berseberangan dengan jendela karena bisa membawa masuk cahaya ke dalam ruangan dan membantu ruangan terlihat lebih luas," saran Susan. Sentuhan terakhir ketika akan memasukkan efek ilusi ke dalam ruangan yang sempit, Anda pun harus mempertimbangkan penggunaan furniturnya. Misalkan dengan menerapkan furnitur yang berfungsi ganda, seperti lemari atau kabinet yang bisa menyimpan perlengkapan rumah dan kantor.

"Untuk furnitur di ruangan yang tidak luas, bisa dengan menggunakan furnitur yang tidak konvensional, seperti bangku, sofa, dan stool atau bangku tanpa sandaran yang bisa memberikan ruang sisa untuk tempat penyimpanan," tutur Susan. Sementara, jika ruangan Anda terbilang cukup besar, bisa meletakkan furnitur yang besar dan mencolok. Seperti adanya ukiran di bagian tengahnya, atau jika memungkinkan pilih furnitur yang rendah dan bisa lebih efisien.

"Furnitur yang ukurannya lebih besar,lebih baik ditempatkan berlawanan arah dengan dinding supaya ada bagian lantai yang terlihat. Jadi, enggak kelihatan terlalu penuh," sebut Susan. Jadi, permainan ilusi di dalam ruangan untuk memberikan kesan luas tidak susah bukan? Anda tinggal memainkan kreativitas dan jangan takut untuk menerapkan warnawarna cerah.

LihatTutupKomentar