Baja Ringan, kukurangan dan kelebihannya

Baja Ringan, kukurangan dan kelebihannya



Baja Ringan, kukurangan dan kelebihannya





Penggunaan baja ringan sebagai  struktur rangka atap rumah saat ini sudah banyak digunakan orang dan pengembang perumahan, spengerjaan baja ringan yang praktis dan tentunya kualitas yang Bisa dipertanggungjawabkan dibandingkan dengan mengguanakan kayu sebagai rangka. Tak hanya pengembang kelas atas dan menengah, pengembang kelas bawah pun sudah mulai  memakai material yang satu ini. alasannya merupakan sebab harga Ebonit yang terus melambung sementara kualitasnya semakin menurun.


Tapi harap di catat bahwa ada beberapa faktor juga yang Bisa mempengaruhi hasil akhir hingga nilainya tak mencapai 100% sempurna. Bahkan, dalam kondisi terburuk, rangka baja ringan ini gagal berfungsi dan membahayakan penghuni rumah. Berikut akan diuraikan hal-hal yang Bisa menurunkan kualitas hasil pengerjaan baja ringan.


Dudukan Rangka Bermasalah

Sedikit banyak dudukan rangka mempengaruhi kinerja atap baja ringan. bila dudukan miring, kuat tekan baja ringan tak akan tersalur seimbang. Lambat laun, ini akan mempengaruhi kekuatan konstruksi. bila terjadi ketidakseimbangan, kemungkinan ambruk sangat besar.


Tutorial Pemasangan tak Benar

sebab ini suatu sistem, jadi pemasangan wajib tepat. Sedikit kesalahan akan membuat rangka tak berfungsi. bila diibaratkan rangka baja ini seperti sapu lidi. Benda ini tak Bisa berdiri sendiri. Pemasangan ini wajib didukung dengan gambar kerja, perhitungan beban, kualitas bahan, dan dipasang oleh ahlinya.

Pemasangan ini mempunyai prosentasi keberhasilan dan kegagalan yang sangat vital. bila salah, siap-siap aja atap ambruk. Tak peduli apakah itu sudah didesain dengan rangka yang benar, dihitung dengan beban atap yang maksimal, dan memakai bahan berkualitas, lambat laun akan ambruk.



Kualitas Material Rendah

Jangan asal cari murah, tapi pakailah rangka baja ringan yang berkualitas. Ingat, rangka baja ringan itu posisinya diatas kepala kita. Jadi, bila kita membeli rangka dengan kualitas rendah sama aja kita menantang bahaya. Heroisme kita dan keluarga dipertaruhkan?


Beban Berlebih Tanpa Rencana

bila kita ingin menaruh beban berat seperti lampu gantung, pemanas air, toren, atau apapun yang akan ditaruh dan berhubungan dengan rangka atap, sebaiknya direncanakan dari awal. bila tak, dikhawatirkan rangka tak Bisa menahan beban berat dan mengakibatkan atap ambruk.




Yang Memasang Bukan Ahlinya

Rangka atap baja ringan tak Bisa dipasang oleh sembarang orang. Hanya orang-orang terlatih (bersertifikat) yang Bisa melakukannya. Hal ini sebab struktur rangka baja telah dihitung dengan cara tiga dimensi menjadi satu kesatuan. Andaikan ada satu aja pemasangan yang tak tepat akan melemahkan struktur lainnya.

 

Bocor yang Lama Ditangani

Musim hujan datang, bocorpun mulai menerjang. bila memang di rumah kita menjalani kebocoran, Cepet cari sumber bocornya dan tangani. Selain Bisa mengganggu aktivitas di area bawah, bocor juga memberi kontribusi negatif untuk material yang terkena tetesan bocor. Termasuk rangka baja ringan, sebab akan menyebabkan karat.




Tidak Presisi Saat Pemasangan Genting

Benar bila baja ringan bersifat antikarat. Dengan syarat lapisan antikaratnya tak hilang. salah satu yang Bisa membuat antikarat mengelupas merupakan di saat pemasangan genting. Jangan hingga terjadi banyak benturan antara genting dan baja ringan. sebab sedikit banyak akan menghilangkan lapisan antikaratnya. Lambat laun, karat ini akan menurunkan kualitas baja ringan.


Lokasi Mempengaruhi Kualitas

Lokasi sangat mempengaruhi kualitas baja ringan. Orang yang berada di daerah gunung cenderung sedikit masalah bila dibandingkan dengan orang yang memakai baja ringan di daerah pantai. Ini terkait dengan korosi yang dikarenakan air Bahari. bila diasumsikan, baja ringan di daerah pegunungan Bisa berumur 20 tahun sedangkan di daerah pantai hanya bertahan 10 tahun.




(Sumber : Irfan Hidayat/Tabloid Rumah)

LihatTutupKomentar